Untukmu yang Belum Tahu Hukum Musik

Pembahasan tentang musik adalah pembahasan yang penting. Karena banyaknya orang yang tidak mengetahui hukumnya. Oleh karena itu berikut ini penjelasan singkat tentangnya.

Musik haram hukumnya. Sebagaimana yang ditunjukkan dalilnya dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Diantaranya,

Allah تعالى berfirman,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا ۚ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa ilmu dan menjadikan jalan Allah sebagai olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh adzab yang menghinakan.” (Luqman:6)

Menurut sahabat Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Mas’ud, ‘Ikrimah, Mujahid, dan Al-Hasan Al-Bashri rahimahumullah, ayat ini turun berkaitan dengan musik dan nyanyian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ، يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ، وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ

“Benar-benar akan ada sekelompok orang dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan musik/alat musik.”
(HR. al-Bukhari)

Ada beberapa faedah yang bisa diambil dari hadits yang mulia ini diantaranya,

1. Hadits ini menunjukkan dengan tegas haramnya musik/alat musik sebagaimana haramnya zina, khamr, dan sutera bagi laki-laki.

2. Hadits ini menjadi bukti dari sekian banyak bukti kenabian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, di mana apa yang beliau khabarkan terjadi. Betapa banyak kaum muslimin menghalalkan musik dan alat-alat musik.

Perkataan Para Ulama Tentang Musik.

Berikut ini sebagian perkataan para ulama tentang musik.

Al-Imam Malik rahimahullah pernah ditanya tentang nyanyian yang biasa dilakukan oleh penduduk Madinah. Beliau menjawab,
“Sesungguhnya yang melakukan hal itu menurut kami adalah orang-orang fasik.”

Berkata Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, “Nyanyian adalah perkataan yang sia-sia, menyerupai kebatilan, sesuatu yang bersifat khayalan. Barangsiapa yang sering melakukannya, dia adalah orang yang tolol dan ditolak persaksiannya.”

Abdullah bin Ahmad berkata: “Aku bertanya kepada ayahku (Al-Imam Ahmad rahimahullah) tentang nyanyian. Beliau berkata, ‘Nyanyian menumbuhkan kemunafikan di dalam hati dan tidak menyenangkanku’.”

Demikianlah penjelasan singkat tentang hukum musik. Jika ingin penjelasan panjang lebar terkait haramnya musik silahkan lihat kitab Tahrim Alat Ath-Tharb karya Al-Imam Al-Albani rahimahullah.

Wallahu a’lam bish ahawwab.
Admin yukbelajarislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *