Muslim yang Baik Tidak Ikut Demonstrasi

Seorang muslim yang baik akan selalu berusaha untuk menjalankan ajaran agamanya dan menjauhi apa yang dilarang dalam agamanya. Diantara yang bertentangan dalam ajaran agamanya adalah demonstrasi.
Berikut ini sebagian dari penjelasan para ulama tentang hukum demonstrasi.

 

Berkata as-Syaikh al-‘Allamah Shalih al-Fauzan hafidzhahullah:

ديننا ليس دين فوضى، ديننا دين انضباط، دين نظام، ودين سكينة . والمظاهرات ليست من أعمال المسلمين و ماكان المسلمون يعرفونها ودين الإسلام دين هدوء ودين رحمة لا فوضى فيه ولا تشويش ولا إثارة فتن، هذا هو دين الإسلام . والحقوق يتوصل إليها دون هذه الطريقة. بالمطالبة الشرعية، والطرق الشرعية . هذه المظاهرات تحدث فتناً كثيرة، تحدث سفك دماء، وتحدث تخريب أموال، فلا تجوز هذه الأمور

“Agama kita bukan agama yang kacau tanpa aturan, akan tetapi agama kita adalah agama yang mapan, teratur rapi, dan mengajarkan ketenangan. Demonstrasi bukan termasuk amalan umat Islam. Kaum muslimin tidak mengenal demonstrasi!

Islam adalah agama yang mengajarkan ketenangan, kasih sayang, dan kestabilan. Di dalam Islam tidak ada ajaran kekacauan, kerusuhan maupun menimbulkan fitnah. Inilah agama Islam.

Hak-hak masyarakat dapat diperoleh dengan permohonan dan cara-cara syar’i. Adapun demonstrasi hanya akan menyebabkan kerusakan harta. Maka, perkara yang demikian tidak boleh” (al-Ajwibatul Mufiidah an as-ilatil manaahij al-Jadiidah, jawaban pertanyaan no. 98).

 

Berkata Asy-Syaikh al-‘Allamah Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah, “Demonstrasi, baik demo damai maupun tidak damai, bukan permasalahan ijtihadiyyah. Karena padanya terdapat kerusakan dan merusak. Maka itu semua TIDAK BOLEH. Tidak akan mengatakan bahwa demonstrasi termasuk permasalahan-permasalahan ijtihadiyyah kecuali orang yang jelas-jelas melawan dan menentang dalil-dalil syar’i. Demonstrasi tidak boleh dinisbahkan kepada Islam dalam kondisi apapun. Karena itu jelas-jelas berbenturan dengan bimbingan/arahan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.” Hukmu al-Muzhaharat fi al-Islam

 

asy-Syaikh al-‘Allamah Abdul Muhsin al-Abbad hafizhahullah  pernah ditanya tentang demonstrasi. Beliau menjawab,

“Demonstrasi termasuk tindakan bodoh! Hal ini tidak dikenal (pada masa lalu oleh umat Islam). Demonstrasi adalah perkara yang baru saja muncul yang diadopsi kaum muslimin dari orang-orang kafir” (Fatawa Al Ulama’ Fii Tahriimi Al Mudhoharaat)

Daftar Bacaan:

Majalah Asy-Syariah (lewat asy-syariah.com). Dll.

Admin yukbelajarislam.com (270721)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *