Ini Waktu Terkabulnya Doa, Berdoa Agar Selamat Dari Wabah Virus Corona

Doa adalah sebab terbesar ketika seseorang berharap terhidar dari suatu kejelekkan. Diantara kejelekkan tersebut adalah wabah penyakit infeksi virus covid 19 (virus corona) yang sedang mewabah dinegeri kita.

Selain seseorang bersemangat untuk melakukan pencegahan seperti tidak masuk kedaerah wabah, menghindar dari orang yang terinfesksi virus covid-19, melakukan pola hidup bersih dan sehat dan yang lainnya. Yang hal ini sangat bermanfaat. Sudah seyogyanya seorang muslim bersemangat juga dalam berdoa, memohon kepada Allah Ta’aala. Bahkan harus lebih bersemangat. Berikut ini adalah waktu-waktu terkabulnya doa agar seseorang memberikan perhatian yang lebih untuk berdoa diwaktu-waktu tersebut.

1. Antara azan dan iqamat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ

“Doa yang tidak tertolak adalah antara azan dan iqamat.” (HR. At Tirmidzi dan dishahihkan oleh syaikh Al Albani)

2. Ketika dikumandangkan azan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ لاَ تُرَدَّانِ أَوْ قَلَّمَا تُرَدَّانِ، الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ…

“Dua waktu/keadaan yang tidaklah tertolak doa yang dipanjatkan ketika itu atau jarang sekali ditolak, yaitu doa ketika diserukan panggilan shalat…” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh syaikh Al Albani)

3. Ketika sedang sujud dalam shalat

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أقربُ مَا يَكونُ العبْدُ مِن ربِّهِ وَهَو ساجدٌ، فَأَكثِرُوا الدُّعاءَ

“Keadaan yang paling terdekat seorang hamba dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim)

4. Di akhir shalat fardhu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

جَوْفُ اللَّيْلِ اْلآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوْبَاتِ

“Doa yang dipanjatkan di tengah malam yang akhir dan di akhir shalat wajib.” (HR. At Tirmidzi dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Maksud di akhir setiap shalat fardhu adalah sebelum salam. Doa tersebut dipanjatkan setelah membaca tahiyat akhir sebelum mengucapkan salam.

5. Suatu waktu pada malam hari

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

“Sesungguhnya pada malam hari terdapat satu waktu yang tidaklah bertepatan dengan seorang muslim meminta kepada Allah satu kebaikan dari perkara dunia dan akhirat pada waktu itu, kecuali Allah akan memberikan permintaannya tersebut, dan waktu tersebut ada pada setiap malam.” (HR. Muslim)

6. Di sepertiga malam yang akhir.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallampernah bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ اْلآخِرُ يَقُوْلُ: مَنْ يَدْعُوْنِي فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنْي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Yang Mahatinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang akhir seraya berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku mengabulkan doa-Nya. Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku berikan permintaannya. Siapa yang minta ampun kepada-Ku maka Aku akan mengampuninya” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Suatu waktu di hari Jum’at

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Ada satu saat pada hari Jumat bila bertepatan seorang hamba muslim melaksanakan shalat lalu ia minta sesuatu kepada Allah, pasti Allah akan memberikan permintaannya tersebut.”
Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan singkatnya waktu tersebut (HR. Bukhari dan Muslim)

Tentang waktu yang disebutkan tersebut para ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama ada yang berpendapat yaitu sejak imam naik mimbar sampai selesai shalat jum’at. Sebagian yang lain berpendapat
setelah shalat ashar sampai terbenamnya matahari. Dan sebagian yang lain berpendapat diakhir-akhir hari Jum’at.

Wallahu a’lam bish shawwab

(YBI-AJ/03/20)

2 tanggapan untuk “Ini Waktu Terkabulnya Doa, Berdoa Agar Selamat Dari Wabah Virus Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *