Ayo Semangat…

Wahai sobat muda, jangan biarkan rasa malas menyelimuti kita, karena hal tersebut akan membawa kerugian untuk kita, baik kerugian di dunia ataupun di akhirat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berpesan untuk semangat dan jangan lemah,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah engkau terhadap sesuatu yang bermanfaat bagimu, dan mintalah bantuan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, janganlah melemah.” (HR. Muslim)

Berkata Asy-Syaikh ‘Abdurrahman as-Sa’di rahimahullah,

“Urusan yang bermanfaat ada dua macam, yaitu urusan agama dan urusan dunia. Sebagaimana halnya memerlukan urusan dunia, seorang hamba juga memerlukan urusan agama. Sementara itu, rahasia keberhasilan hamba dan diberinya petunjuk terletak pada semangat dan kesungguhannya dalam mewujudkan dua macam urusan yang bermanfaat tersebut, sembari memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Manakala seorang hamba bersungguh-sungguh dalam urusan yang bermanfaat, dengan menelusuri jalan (keberhasilan) serta senantiasa memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar hal tersebut terwujud, ini menjadi pertanda kesempurnaan dan keberhasilannya. Apabila salah satu dari tiga faktor ini (semangat mencari sesuatu yang bermanfaat dan meminta bantuan Allah subhanahu wa ta’ala) tidak terpenuhi, sebatas itu pula ia terlewatkan dari kebaikan.

Oleh karena itu, orang yang tidak bersemangat dalam urusan yang bermanfaat, justru bermalas-malasan, ia tidak menggapai apa pun (dari kebaikan) karena kemalasan adalah pangkal kegagalan. Orang yang pemalas tidak akan meraih kebaikan dan kemuliaan. Ia bukan orang yang memperoleh keberuntungan, baik dari sisi agama maupun sisi dunia. (Bahjatu Qulubil Abrar hlm. 25).

Ayo semangat…

(YBI-AJ/03/20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *