Memohon Perlindungan Dari ‘Ain  

‘Ain sesuatu yang benar adanya. Yaitu pandangan mata seseorang terhadap sesuatu yang dianggap bagus disertai dengan kedengkian yang muncul dari tabiat yang jelek sehingga mengakibatkan bahaya bagi yang dipandang.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتَغْسَلْتُمْ فَاغْسِلُوا

“‘Ain itu benar adanya. Seandainya ada sesuatu yang dapat mendahului takdir, tentu akan didahului oleh ‘ain. Apabila kalian diminta untuk mandi, maka mandilah.” (HR. Muslim).

Berkata Al Imam An Nawawi rahimahullah,

“Bahwa hadits ini menjelaskan bahwa segala sesuatu terjadi dengan takdir Allah ‘azza wa jalla, dan tidak akan terjadi kecuali sesuai dengan apa yang telah Allah ‘azza wa jalla takdirkan serta didahului oleh ilmu Allah ‘azza wa jalla tentang kejadian tersebut. Sehingga, tidak akan terjadi bahaya ‘ain ataupun segala sesuatu yang baik ataupun yang buruk kecuali dengan takdir Allah ‘azza wa jalla.

Dalam hadits ini pula terdapat penjelasan bahwa ‘ain itu benar-benar ada dan (secara sebab -ed) memiliki kekuatan untuk menimbulkan bahaya. (Syarh Shahih Muslim, 14/174)

Seseorang yang terkena ain bisa membuat dia menjadi sakit bahkan berujung kepada kematian.

‘Ain juga dapat terjadi dari pandangan yang penuh kekaguman walaupun tidak disertai perasaan dengki (hasad).

 

Doa Agar Terhidar Dari ‘Ain

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajarkan kita doa agar terhindar dari penyakit ‘Ain

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan dan binatang berbisa, dan dari setiap pandangan yang jahat.” (HR. Bukhari).

Sudah seyogyanya seorang muslim membentengi dirinya dengan membaca doa-doa dan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Karena itu sebab yang sangat bermanfaat agar terhindar dari ‘Ain atau kejelekkan yang lainnya.

Admin yukbelajarislam.com

 

Channel Telegram:

http://t.me/YukBelajarAgamaIslam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *