Bolehkah Memakai Pakaian Bertuliskan Bahasa Inggris Sedangkan Kita Tidak Mengetahuinya Artinya…?

Bolehkah Memakai Pakaian Bertuliskan Bahasa Inggris Sedangkan Kita Tidak Mengetahuinya Artinya…?

Pakaian dengan berbagai ragamnya sangat banyak dijual di toko-toko. Tak sedikit pakaian yang terdapat tulisan tertentu dengan bahasa inggris atau simbol tertentu di jual. Sebagian tulisan yang tertulis dibaju tersebut tak sedikit yang mengandung makna yang tidak baik sebagian lagi kita tidak mengerti maknanya. Lalu apa hukumnya memakai pakaian tersebut.

Tentang hal ini asy Syaikh Ibnu Utsaimin pernah ditanya dengan pertanyaan berikut

“Apa hukum pakaian yang mengandung tulisantulisan yang berbahasa Inggris, sedangkan kita tidak tahu, bisa jadi tulisan tersebut mengandung makna yang jelek, apakah hal ini termasuk tasyabuh?”

Beliau menjawab,

“Kewajiban kita adalah bertanya tentang tulisan atau huruf/simbol yang ditulis dengan selain bahasa Arab tersebut, bisa jadi mengandung makna yang merusak dan menghancurkan moral.”

Tidak diperbolehkan memakai sesuatu yang ada tulisan berbahasa Inggris atau lainnya yang bukan bahasa Arab kecuali setelah orang itu memastikan kebersihan (makna) tulisan tersebut.

Tulisan itu tidak mengandung sesuatu yang mengotori kemuliaan, tidak pula berisi pengagungan terhadap orang kafir.

Bisa jadi, tulisan tersebut mengandung unsur pengagungan terhadap orang kafir baik itu olahragawan, artis, penemu, maupun yang semisal itu.

Apabila tulisan tersebut mengandung pengagungan terhadap orang kafir, maka hukumnya haram, tidak boleh.

Begitu pula tulisan yang mengandung makna murahan dan merusak, juga tidak diperbolehkan.

Oleh sebab itu, dia harus memastikan makna tulisan tersebut sebelum pakaian tersebut dia kenakan.” (Lihat al-Fatawa fii Ziinati binti Hawa, hlm. 78).

Dari sini seyogyanya kita berhati-hati ketika membeli atau memakai pakaian untuk kita atau keluarga kita, jika pada pakaian tersebut ada tulisan berbahasa inggris yang kita tidak tahu artinya.

Admin yukbelajarislam.com

2 tanggapan untuk “Bolehkah Memakai Pakaian Bertuliskan Bahasa Inggris Sedangkan Kita Tidak Mengetahuinya Artinya…?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *