Pentingnya Belajar Aqidah

Akidah adalah sesuatu yang sangat penting karena di atasnya dibangun amalan-amalan seorang muslim. Artinya, bila akidah ini rusak maka amalan yang terbangun di atasnya akan ikut rusak pula. Akidah terhadap amalan bagaikan ruh terhadap jasad seseorang. Nilai sebuah amalan tergantung pada bagus atau tidaknya dasar amalan tersebut.

Allah Ta’aala berfirman

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang sebelummu: Sungguh, apabila kamu berbuat syirik pasti akan terhapus seluruh amalmu dan kamu benar-benar akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (Az Zumar: 65)

Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk belajar aqidah yang benar dan memproritaskan hal tersebut.

Akidah yang benar adalah akidah yang diambil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan apa yang dimaukan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ketika seseorang meremehkan belajar aqidah yang benar sehingga menjadi sebab rusak aqidahnya, sungguh dia berada pada bahaya yang besar.

Di antara bahayanya adalah:

1. Menjerumuskan seseorang kepada kesesatan bahkan kesyirikan dan kekufuran.

2. Mengakibatkan kehinaan, keterbelakangan, dan kerendahan umat Islam.

3. Memecah-belah persatuan umat, menghancurkan kejayaan mereka serta kemenangan demi kemenangan yang telah mereka raih.

4. Menjauhkan kaum muslimin dari pertolongan Allah subhanahu wa ta’aala.

5. Menyebabkan seseorang masuk ke dalam neraka dan apabila penyimpangannya sampai pada taraf syirik dan kufur besar akan menyebabkan kekal didalamnya.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita kepada apa yang Allah cintai dan ridhai. (AJ)

Admin yukbelajarislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *