Wanita Juga di Khitan. 4 Hal Tentang Khitan.

Berikut 4 hal penting tentang khitan,

Pertama: Pengertian Khitan dan dalil disyariatkannya

Khitan adalah artinya memotong bagian tertentu dari anggota tubuh yang tertentu pula.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اَلْفِطْرَةُ خَمْسٌ: اَلْخِتَانُ، وَالْاِسْتِحْدَادُ، وَقَصُّ الشَّارِبِ، وَتَقْلِيْمُ الْأَظْفَارِ، وَنَتْفُ الْإِبْطِ

“Ada lima hal yang termasuk fitrah: berkhitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut rambut ketiak.” (HR. al–Bukhari dan Muslim)

Kedua: Hukum Khitan

Tentang hal ini para ulama berbeda pendapat. Diantara pendapat tersebut adalah untuk laki-laki hukumnya wajib adapun untuk wanita hukumnya sunnah. Berikut dalil disyariatkanya wanita untuk dikhitan.

Ummu `Athiyyah Al-Anshariyyah mengabarkan bahwa di Madinah ada seorang wanita yang biasa mengkhitan, Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan kepadanya:

أشمي و لاَ تَنْهَكِي , فَإِنَّ ذلِكَ أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَ أَحَبَّ إِلَى الْبَعْلِ

“Potonglah tapi jangan dihabiskan (jangan berlebih-lebihan dalam memotong bagian yang dikhitan) karena yang demikian itu lebih terhormat bagi si wanita dan lebih disukai/dicintai oleh suaminya.”
(HR. Abu Daud no. 5271, dishahihkan dalam Shahih Abi Daud dan Ash-Shahihah no. 721)

Ketiga: Hikmah Khitan

Khitan mempunyai banyak hikmah dan faedah, di antaranya:

1. Khitan termasuk keindahan syariat Islam yang disyariatkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada para hamba-Nya untuk menyempurnakan mereka, baik secara lahir maupun batin.

2. Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan khitan sebagai tanda bagi seseorang yang menyandarkan (berserah diri) kepada-Nya, dan kepada agama serta ajaran-Nya.

3. Khitan membawa kesucian, kebersihan, keindahan, dan kebagusan penciptaan; serta menstabilkan syahwat.

4. Khitan pada wanita yang sesuai dengan syariat akan membantu mempercepat rangsangan seksual pada wanita sehingga dia dapat mencapai puncak hubungan seksual.

Keempat: Bagian yang dipotong pada wanita ketika khitan

Yang dipotong adalah bagian paling atas dari kulit yang terletak paling atas dari farj (vagina), di antara dua bibir vagina, di atas tempat masuknya zakar dan tempat keluarnya air seni. Bagian tersebut berbentuk seperti jengger ayam jantan, atau seperti huruf V terbalik. Dalam bahasa medis/kedokteran disebut prepuce (praeputium), yaitu kulit penutup klitoris/kelentit pada wanita. Wallahu a’lam bis shawwab. (AJ)

Admin yukbelajarislam.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *