Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah Yang Penuh Keajaiban

Advertisement
Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah Yang Penuh Keajaiban - Sedekah adalah suatu bentuk amalan yang selain mendatangkan pahala bagi pemberi sedekah, juga memiliki manfaat yang sangat membantu bagi penerima sedekah. Dalam sedekah, tidak mengenal batasan kepada siapa sedekah itu diberikan dan dalam bentuk apa sedekah itu diberikan. Tapi kadangkala kita susah sekali untuk melakukan sedekah dikala mudah maupun susah, sedangkan tidak ada ayat maupun hadist yang mengungkapkan sedekah disaat kita memiliki rejeki yang banyak. Bagaimana kita dapat bersedekah jika untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masih sulit dan kadangkala tidak mencukupi? Disinilah letak keajaiban dalam bersedekah.

Sedekah memiliki manfaat yang begitu besar yang membuat rezeki kita yang sedikit sekalipun menjadi barokah, dalam artian rezeki yang sedikit menjadi cukup dan rezeki yang sempit menjadi lapang.

Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah Yang Penuh Keajaiban
Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah Yang Penuh Keajaiban

Sedekah
Dari ayat diatas telah dijelaskan secara terang bahwa sekalipun kita dalam kondisi yang sulit sekalipun, kita diminta untuk selalu menginfakkan harta kita atau bersedekah. Salah satu contoh sahabat rasullah yang selalu bersedekah disaat rezekinya dalam kondisi sempit sekalipun yaitu kisah keluarga Ali bin Abi Thalib radiyallaahu ‘anhu, yang selalu ikhlas menyisihkan rezekinya dalam kondisi  yang amat sulit sekalipun.

Dikisahkan bahwa saat itu, seperti yang diterangkan pada salah satu Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah. Bahwa pada saat itu hasan dan husein yang merupakan putra dari ali dan fatimah sedang jatuh sakit dan mereka bernazar untuk melakukan puasa karena allah swt selama 3 hari jika diberi kesembuhan dari penyakitnya.

Nazar merekapun dikabulkan oleh allah swt dan hasan, husein sembuh dari penyakitnya. Maka mereka sekeluarga melakukan puasa selama 3 hari untuk memenuhi nazarnya. Pada hari pertama, saat akan berbuka puasa, tak ada makanan lain selain sepotong roti, disaat mereka hendak memakan roti tersebut. TIba-tiba terdengar suara salam dari balik pintu yang ternyata adalah seorang miskin yang sedang kelaparan karena tidak makan dalam beberapa hari dan ia memohon kemurahan hati dari Ali untuk memberi ia makanan. Ali pun bingung karena keluarganya juga lapar karena telah berpuasa seharian akan tetapi ali pun tahu orang tersebut jauh lebih kelaparan dibandingkan dengan keluarganya. Ali pun menceritakannya kepada keluarganya dan dengan  hati yang lapang merekapun sepakat untuk memberikan roti tersebut kepada orang miskin itu dan mereka berbuka puasa hanya dengan meminum air putih saja.

Pada hari kedua, disaat yang sama saat mereka akan berbuka puasa dengan sepotong roti. Tiba-tiba terdengar suara seorang bocah dibalik pintu keluarga ali. Disitu terdapat bocah yatim piatu yang berkata bahwa dirinya kelaparan. Ali berserta keluarganya sepakat untuk memberikan roti tersebut kepada bocah yatim piatu dan merekapun hanya berbuka puasa dengan meminum air putih saja

Dan pada hari terakhir mereka berpuasa yang mana kondisi tubuh mereka semakin lemah karena hanya berbuka puasa dengan air putuh saja akan tetapi mereka tidak sedikitpun mengeluh dan pada saat hendak berbuka puasa dengan sepotong roti, tiba-tiba terdengar suara ketukan dari balik pintu. Hati merekapun was-was karena sudah begitu laparnya. Alipun membuka pintu rumahnya dan ternyata ada seorang tawanan yang baru saja dilepaskan dengan kondisi lapar karena tidak diberikan makanan dan selalu disiksa. Alipun berserta keluarga dengan ikhlas memberikan roti tersebut kepada tawanan itu.

Sungguh sangat mengagumkan apa yang telah dilakukan oleh ali dan keluarga dalam keadaan sulit sekalipun mereka memilih untuk bersedekah. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua, untuk selalu bersedekah dalam keadaan apapun sehingga rezeki yang sekecil apapun menjadi berkah dan insya allah. Allah swt akan selalu melimpahkan kita kesehatan, kebahagian. ketenangan jiwa dan kemudahan hidup lainnya. Aminn..

Berikut adalah Ceramah Ustad Yusuf Mansur Tentang Sedekah Yang Penuh Keajaiban patut kamu simak, dan semoga kita selalu diberi kemudahan dan keberkahan dalam hidup kita oleh Allah Swt.




Semoga bermanfaat, dan maaf jika ada salah kata maupun ketik. Sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Wabillahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Advertisement

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments